Siapa Pemilik Bumi Resources Tbk? : Okezone Economy

JAKARTA – Siapa pemilik Bumi Resources Tbk? PT Bumi Resources Tbk (BUMI) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan Indonesia.

Dirangkum Okezone, Rabu (9/8/2023), kini mayoritas saham dari PT Bumi Resources Tbk dimiliki oleh Bakrie Group, sebuah kelompok usaha yang didirikan oleh Achmad Bakrie pada 1942. Awalnya, Bakrie Group hanya memiliki 25% saham dari PT Bumi Resources Tbk pada 1997.

Dia menduduki posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan mencapai USD5,4 miliar versi majalah Forbes 2007.

Di awal pendiriannya, BUMI muncul dengan nama PT Bumi Modern dan merupakan pengelola dari Hotel Bumi Hyatt Surabaya, sebuah hotel bintang lima pertama di Jawa Timur. Awalnya, Bumi Modern berada di bawah naungan perusahaan asuransi Bumiputera 1912 dan Peter Sondakh yang merupakan pendiri dari Rajawali Corpora.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Awalnya, bumi Bumi Modern berada di bawah naungan perusahaan asuransi Bumiputera 1912 dan Peter Sondakh yang merupakan pendiri dari Rajawali Corpora. Pada 1990, Bumiputera memutuskan untuk membawa perusahaan Bumi Modern untuk melantai di Bursa Efek Surabaya dan Bursa Efek Jakarta dengan melepas 10 juta sahamnya.

Setelah mendapatkan pendanaan, perusahaan ini lalu melakukan ekspansi usaha dengan memperluas kamar dan pembangunan gedung tujuh lantai bernama Graha Bumi Modern.

Namun, dalam perjalanannya, perusahaan ini mulai tertekan karena mulai muncul hotel-hotel mewah di Surabaya dan sempat mengalami kerugian pada 1994. Hal ini menarik perhatian dari beberapa perusahaan yang ingin mengakuisisi Bumi Modern.

Baca Juga  Tragis, Posisi Timnas Vietnam di Rangking FIFA Usai DIhajar Timnas Indonesia

Bakrie Grup dengan Bumiputera sudah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi sebesar 25% sahamnya dengan harga Rp27,8 miliar. Akhirnya, Bakrie Group memenangkan tender offer dan sahamnya menjadi sebesar 58,15%, lalu naik lagi menjadi 58,9%.

Demikian itulah pemilik dari saham Bumi Resources Tbk

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *