Sempat Hilang Ditelan Bumi, Jack Ma Kini Didepak dari Perusahaannya

Kamis, 4 Januari 2024 – 12:08 WIB

Jakarta – Miliarder teknologi asal China, Jack Ma didepak dari perusahaannya sendiri, yakni Ant Group. Hal ini usai Ant Group gagal melantai di bursa, setelah pidato kontroversialnya yang mengkritik pemerintahan Presiden Xi Jinping. 

Baca Juga :

Daftar Harga Mobil Listrik China di Indonesia per Januari 2024

Tersingkirnya Jack Ma dari perusahaannya merupakan bagian dari restrukturisasi Ant Group. Bank sentral Tiongkok sendiri telah menyetujui bahwa Ant Group tidak memiliki pengendali. 

Melansir South China Morning Post (SCMP), dari restrukturisasi itu, hak suara Jack Ma menyusut menjadi hanya 6,21 persen dari sebelumnya 53,46 persen. Langkah ini dipandang membuka jalan bagi Ant untuk melanjutkan pencatatan sahamnya yang sempat terhenti pada tahun 2020. 

Baca Juga :

Penampilan Terkini Pemeran Bibi Wong Fei Hung di Film Kungfu Legendaris Once Upon a Time in China

“Ketika mengumumkan perubahan tersebut pada Januari (2023), Ant Group mengatakan struktur kepemilikan saham baru akan ‘lebih transparan dan terdiversifikasi serta memfasilitasi perkembangan perusahaan yang stabil’,” tulis SCMP dikutip Kamis, 4 Januari 2024.

Baca Juga :

China Sukses Taklukkan Jepang

Sementara itu, Analis Keuangan Senior Konsultan BoTong Analysys, Wang Pengbo juga mengatakan bahwa struktur baru tersebut akan baik untuk pengembangan jangka panjang Ant Group. 

“Meskipun pencatatan dalam waktu dekat sangat kecil kemungkinannya (perubahan) membuka jalan bagi perusahaan untuk go public di masa depan,” tambah Wang.

Seperti diketahui, dunia dihebohkan dengan hilangnya miliarder teknologi asal China Jack Ma selama lebih dari dua bulan terakhir. Dia diketahui tak ada kabar setelah mengkritik pemerintahan Presiden Xi Jinping.

Salah satu taipan China ini blak-blakan mengkritik regulator keuangan dan perbankan milik negara itu dalam pidatonya di Shanghai, pada Oktober 2020.

Jack Ma menyerukan dilakukannya reformasi sistem yang menahan inovasi bisnis. Dia pun meminta perbankan China menyamakan aturan dengan dunia internasional.

Pidato itu diketahui membuat marah Pemerintah China. Yang memandang sebagai suatu serangan terhadap otoritas Partai Komunis. 

Bisnis Ma pun digoyang. Beijing memerintahkan perusahaan teknologi keuangan Ma, Ant Group untuk mengurangi operasinya. Jack Ma pun secara misterius menghilang dari acara TV Dragon pada November lalu, fotonya dihapus dari acara itu.

Halaman Selanjutnya

Seperti diketahui, dunia dihebohkan dengan hilangnya miliarder teknologi asal China Jack Ma selama lebih dari dua bulan terakhir. Dia diketahui tak ada kabar setelah mengkritik pemerintahan Presiden Xi Jinping.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *