Profil SZA, Penyanyi Muslim yang Borong Nominasi Grammy Awards 2024 Terbanyak

Senin, 5 Februari 2024 – 12:30 WIB

VIVA Showbiz – Pada bulan November lalu, Recording Academy mengumumkan nominasi untuk perhelatan Grammy 2024, dengan penyanyi pop-R&B, SZA mendapat nominasi paling banyak.

Baca Juga :

Ini Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2024

Penyanyi-penulis lagu ini mendapatkan total sembilan nominasi, dua lebih banyak dari Phoebe Bridgers, Victoria Monét dan Serban Ghenea, pesaing yang paling banyak dinominasikan dalam acara tersebut. Jon Batiste, Boygenius, Brandy Clark, Miley Cyrus, Billie Eilish, Olivia Rodrigo, Taylor Swift dan Jack Antonoff semuanya telah dinominasikan sebanyak enam kali.

Dalam Grammy 2024, SZA masuk dalam sembilan nominasi yaitu, Record of the Year, Album of the Year, Song of the Year, Best Pop Duo/Group Performance, Best R&B Performance, Best Traditional R&B Performance, Best R&B Song, Album R&B Progresif Terbaik dan Penampilan Rap Melodik Terbaik, melansir People. Senin, 5 Februari 2024.

Baca Juga :

Grammy Awards 2024 Penuh Kejutan! Ini Kontroversi yang Terjadi

Namun, siapakah SZA, artis dengan nominasi terbanyak di Grammy 2024?

Baca Juga :

Driver Taksi Online Didesak Penumpangnya Untuk Pilih Capres 01 karena Sama-sama Muslim

SZA, yang memiliki nama lengkap Solana Imani Rowe, lahir pada tanggal 8 November 1989 di St Louis, Missouri dan kini berusia 34 tahun. Nama panggungnya, dibaca “siz-za,” berasal dari sebuah divisi alfabet tertinggi Islam, yang memberikan arti pada huruf-huruf alfabet Romawi. S berarti kedaulatan atau penyelamat, Z berarti zig-zag, dan A berarti Allah.

SZA menganut agama Islam

Rowe dibesarkan di luar Kota New York, di pinggiran kota Maplewood, New Jersey. Orangtuanya memiliki jalur karier yang sama sebagai eksekutif media. Ayahnya, Abdul Mubarak-Rowe, bekerja di CNN dan ibunya, Audrey Rowe, bekerja di AT&T.

Baca Juga  BTN Proyeksikan Penjualan Rumah 2024 Capai 12 Persen, Ini Pendorongnya

Namun, mereka berbeda pendapat dalam hal keyakinan pribadi. Ayahnya bertekad bahwa anak-anak mereka akan dibesarkan sebagai seorang Muslim Ortodoks, dan ibunya yang beragama Kristen mengikuti jejaknya, bahkan datang ke masjid untuk ikut shalat.

Artis R&B ini menjadi terkenal berkat EP-nya See.SZA.Run dan S, yang masing-masing dirilis pada tahun 2012 dan 2013. Keberhasilan kedua rekaman ini membantunya menjadi artis wanita pertama yang menandatangani kontrak dengan label rekaman independen Top Dawg Entertainment.

EP ketiganya, Z tahun 2014, mencapai 10 besar di chart Album Independen Amerika Serikat.

Setelah menandatangani kontrak dengan label rekaman milik Sony RCA Records, SZA mengeluarkan album studio debutnya, “Ctrl”, pada tahun 2017. Album keduanya, “SOS”, menyusul lima tahun kemudian. Ini menampilkan lagu “Kill Bill”, yang pada tahun 2023 menjadi single pertamanya yang mencapai No. 1 di chart Billboard Hot 100.

Lagu-lagu SZA lainnya yang terkenal meliputi “Snooze”, “Good Days”, dan “I Hate You”. Selain solo, SZA juga sering berkolaborasi dengan artis populer seperti Rihanna, Drake, dan Kendrick Lamar. Duetnya dengan Doja Cat dalam lagu “Kiss Me More,” membuat pasangan tersebut mendapatkan Grammy pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya

Rowe dibesarkan di luar Kota New York, di pinggiran kota Maplewood, New Jersey. Orangtuanya memiliki jalur karier yang sama sebagai eksekutif media. Ayahnya, Abdul Mubarak-Rowe, bekerja di CNN dan ibunya, Audrey Rowe, bekerja di AT&T.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *