PPI Belanda Gelar Simposium Internasional, Satukan Pelajar Luar Negeri : Okezone Edukasi

JAKARTAPPI Belanda, sebelumnya bernama Indische Vereeniging yang diprakarsai Bung Hatta, kembali menorehkan prestasi. Setelah sebelumnya merayakan peringatan 100 tahun PPI Belanda.

Kali ini sukses menjadi tuan rumah Simposium Internasional XV PPI Dunia. Berlangsung di empat kota berbeda. Yakni Rotterdam, Amsterdam, Leiden dan Den Haag.

Simposium yang berlangsung selama lima hari sejak 8-12 Agustus 2023 tersebut adalah forum tertinggi PPI Dunia untuk menetapkan sejumlah agenda organisasi. Diantaranya, sidang organisasi, pembentukan dewan presidium, pengesahan AD/ART, pengukuhan Alumni Connect sebagai wadah alumni PPI Dunia, pemilihan tuan rumah simposium berikutnya, serta pemilihan Koordinator PPI Dunia 23/24.

Mengusung tema A Nation Reimagined yang diramaikan oleh panelis dalam rangkaian seminar akademik. Membahas beragam isu kebangsaan. Antara lain, ketahanan pangan Indonesia, rivalitas geopolitik dan peran pelajar, inovasi digital, krisis iklim hingga kebudayaan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda H.E Mayerfas menyampaikan, Simposium Internasional XV PPI Dunia adalah forum yang memperkuat pelajar.


Follow Berita Okezone di Google News


“Ini contoh bagus dari PPI yang menciptakan forum untuk melahirkan macam-macam ide serta memperkuat kebersamaan,” jelasnya saat menyampaikan sambutan penutupan, 12 Agustus waktu setempat.

Ia juga menyebut PPI Belanda sebagai tuan rumah simposium patut diapresiasi. Sebab, PPI Belanda adalah salah satu perhimpunan pelajar teraktif. “Saya pernah di berbagai negara. Dan menurut saya PPI Belanda ini cukup aktif,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2023).

Di kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Simposium Internasional XV PPI Dunia Griselda Audrey, menjelaskan simposium kali ini juga memberikan kesempatan bagi pelajar untuk memperluas jejaring professional. Sebab selain melaksanakan agenda organisasi, juga ada career day, city trip dan gala dinner.

Baca Juga  Heboh Colokan di Kereta Buat Masak Nasi hingga Catokan, KAI: Bahayakan Keselamatan

Audrey berharap agar simposium di tahun-tahun berikutnya berjalan lebih baik lagi. “Harapannya agar Simposium Internasional tahun depan dapat berjalan sukses dan lancar,” kata Audrey.

Sementara itu, Sekretasi Jenderal PPI Belanda Tommy Cahya Trinanda menyampaikan, PPI Belanda juga bermaksud menyolidkan kembali pelajar Indonesia dari berbagai negara. Menurutnya, pertukaran ilmu dan kolaborasi menjadi fondasi kuat.

“PPI Benda merasa senang dan terhormat bisa menjadi tuan rumah. Sebagai cikal bakal PPI, tentu harapannya ini bisa menjaga kontribusi pelajar Indonesia di luar negeri untuk kemajuan Indonesia. Kami juga berterima kasih kepada banyak pihak yang terlibat mendukung acara,” tutupnya.

Sebagai informasi, Simposium Internasional XV PPI Dunia di Belanda menggandeng berbagai pihak yang turut menyukseskan acara. Termasuk PT Telkom Indonesia, BNI, PT Pertamina, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), PT KAI dan ID Food, serta PT Pelindo.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *