Miris! Indonesia Cuma Punya 1 Wakil di Daftar 20 Klub Terbaik Asia Tenggara : Okezone Bola

INDONESIA cuma punya satu wakil dalam daftar 20 klub terbaik Asia Tenggara. Satu-satunya klub yang ada dalam daftar yang dirilis dari akun @asean.football adalah PSM Makassar.

Akun Instagram Asean Football merilis daftar 20 klub terbaik di Asia Tenggara. Hasilnya, Thailand menjadi penguasa dengan mengirim enam perwakilan.



Selanjutnya, ada Vietnam dengan lima perwakilan dan Malaysia yang memiliki tiga tim. Sedangkan Filipina dan Singapura sama-sama memiliki dua tim. Terakhir, Indonesia dan Myanmar masing-masing memiliki satu tim.

Tim-tim ini diurutkan berdasarkan kiprah mereka di kancah Asia. Menurut daftar tersebut, klub asal Malaysia Johor Darul Tazim (JDT) merupakan yang terbaik.

Secara ranking global, JDT adalah klub Asia Tenggara terbaik dengan menempati urutan 385. Kemudian, di peringkat kedua dan ketiga ada dua tim asal Thailand, yaitu Buriram United dan Bangkok United.

Ha Noi menjadi tim asal Vietnam terbaik yang berada di peringkat keempat. Sedangkan United City asal Filipina melengkapi lima besar dalam daftar tersebut.


Follow Berita Okezone di Google News


Satu-satunya tim asal Indonesia yang termasuk dalam daftar tersebut adalah PSM Makassar. Namun, tim berjuluk Juku Eja itu pun hanya bisa berada di peringkat ke-19.

PSM Makassar

PSM memang menjadi wakil Indoensia yang paling aktif dalam beberapa tahun terakhir di kancah Asia. Mereka mengikuti ajang AFC Cup pada tahun 2019, 2020, dan kemudian 2022.

Pada musim lalu, PSM Makassar sukses menjadi juara Liga 1 2022-2023. Namun, mereka kalah playoff internal kontra Bali United sehingga takkan tampil di Liga Champions Asia 2023-2024, melainkan kembali bersaing di AFC Cup 2023.

Baca Juga  Turun Langsung Temui Warga, Caleg Perindo Lakukan Program Aksi Nyata untuk Masyarakat : Okezone News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *