Kisah Devi Dja, Pengamen Jawa yang Merambah ke Hollywood : Okezone Celebrity

JAKARTA – Devi Dja alias Miss Dja merupakan artis lawas asal Indonesia. Namun, dia menghabiskan lebih banyak waktunya berkarier di Amerika.

Penasaran bagaimana ia bisa hijrah ke Negeri Paman Sam? Berikut ini Okezone ulas profil Devi Dja, dilansir dari berbagai sumber.



Devi yang memiliki nama asli Misri lahir di Besuki Situbondo, Pada 1 Agustus 1914. Darah seni diwariskan dari keluarga, yakni kakek dan neneknya.

Devi Dja. (Dok. Herald Examiner Collection)

Keluarga Devi bukan dari golongan berada. Di masa kecil, ia gemar mengikuti kegiatan kakek dan neneknya mengamen dari kampung ke kampung dengan gitar siter.

Suatu hari saat dia mengamen di daerah Banyuwangi, kelompok sandiwara Dardanella sedang mengadakan pertunjukan. Sosok Devi yang sedang menyanyikan Koepi Soesoe membuat Piedro, sang pendiri grup itu tertarik.

Devi akhirnya menerima pinangan itu meski keluarganya sempat keberatan. Ia lantas bergabung dengan Dardanella di usia 14 tahun.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Belum pernah mengenyam pendidikan, Devi akhirnya belajar membaca dan menulis. Seiring berjalannya waktu, ia mulai bersinar setelah 2 tahun tergabung di Dardanella.

Puncaknya ketika Miss Riboet II sang pemeran utama Dardanella, jatuh sakit. Devi menggantikan perannya sebagai Soekaesih, dalam lakon “Dokter Syamsi”.

Devi terus berkembang bersama Dardanella hingga ke Singapura sebelum perang kemerdekaan di usia 17 tahun. Dardanella menjadi kelompok sandiwara yang pertama kali manggung di luar negeri.

Setelah itu, Dardanella berkeliling dunia seperti ke China, India, Turki, Prancis, Maroko, Belanda. Amerika menjadi tempat terakhir Devi mendarat.

Baca Juga  Cerita Sri Mulyani Anak Tukang Becak Penerima Beasiswa LPDP ke Inggris, Bikin Haru : Okezone Edukasi

Suatu hari, ia memilih hengkang dari Dardanella karena suatu permasalahan. Ia akhirnya menetap di New York, Amerika, dan berjuang untuk bisa hidup bersama Piedro.

Setelah meninggalnya Piedro, Devi resmi menjadi warga negara Amerika pada 1951. Ia lalu menikah dengan seorang seniman, yakni Acee Blue Eagle.

Namun pernikahan itu tak berlangsung lama. Devi kembali menemukan tambatan hati, yakni Ali Assan, pria asal Gresik, Jawa Timur, yang menetap di Amerika.

Dari pernikahan itu, Devi dikaruniai seorang anak bernama Ratna Assan. Sayang, pernikahan itu juga berujung perceraian.

Meski sudah terkenal, Devi menyibukkan diri dengan mengajar tari daerah kepada penari Amerika. Pertemanannya pun luas hingga bisa kenal dengan pesohor Hollywood seperti Greta Garbo, Carry Cooper, Bob Hope, Dorothy Lamour, dan Bing Crosby.

Ketika tinggal di Los Angeles, Devi rutin mengisi salah satu acara televisi lokal. Ia juga sempat membintangi film The Moon And Sixpence, yang mengisahkan riwayat hidup Paul Gaugin, seorang pelukis Prancis.

Los Angeles menjadi tempat Devi bernaung menghabiskan masa tuanya hingga dia meninggal pada 19 Januari 1989. Jenazahnya dimakamkan di Hollywood Hills, Los Angeles.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *