Jelang Pemilu 2024, Rektor IPB Imbau Hindari Polarisasi hingga Informasi Tak Benar

Sabtu, 3 Februari 2024 – 13:27 WIB

Bogor – Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria mengimbau untuk menghindari polarisasi masyarakat hingga penyebaran informasi yang tidak benar. 

Baca Juga :

Amin Bakal Kampanye Akbar Pamungkas di JIS, Syaugi Alaydrus: Banyak Simpul Pejuang Urunan Biaya

Hal itu tertuang dalam surat imbauan menyikapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang diterbitkan IPB untuk Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa di lingkungan IPB. 

“Menyikapi semakin dinamisnya situasi politik nasional pada proses Pemilihan Umum 2024, saya mengajak warga IPB University yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk bersama-sama memelihara nilai-nilai integritas akademik,” kata Arif, Sabtu, 3 Februari 2024.

Baca Juga :

Prabowo Was-was Jelang Debat Terakhir Capres: Dia Mau Kasih Nilai Gue Berapa Ya?

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Prof. Arif Satria

Adapun isi imbauan tersebut, yakni; 

Baca Juga :

Tahun Panas! Ini 31 Negara yang Juga Akan Selenggarakan Pemilu di 2024

1. Mari kita berkontribusi secara aktif menjaga dan memastikan kampus kita tetap menjadi lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi. Dosen dan tenaga kependidikan diharuskan menjunjung tinggi asas netralitas.

2. Kebebasan berpendapat adalah hak kita semua yang dijamin konstitusi, karena itu diskusi dan dialog yang konstruktif dalam kerangka kebebasan mimbar akademik harus terus kita jaga. Selanjutnya penting bagi kita untuk menyampaikan pemikiran dan pendapat dengan penuh tanggung jawab, menghormati perbedaan pandangan situasi politik, dan menjunjung tinggi etika serta moral akademis.

3. Dalam setiap diskusi, sangat penting bagi kita untuk menjaga integritas akademik, dengan

mengutamakan pendekatan yang berbasis fakta dan data, serta menghargai keragaman pandangan dengan sikap yang santun.

Baca Juga  APBN Kasih Penjaminan Rp 330 Miliar ke Sejumlah Proyek pada 2023

4. Saya mengajak warga IPB untuk berpikir kritis dalam menerima berbagai informasi yang beredar dan menghindari penyebaran informasi yang tidak benar.

5. Mari kita perkuat tali silaturahmi dan persaudaraan di antara kita, dengan sikap saling menghormati dan menerima perbedaan, termasuk dalam hal pilihan politik. Warga IPB diharapkan berperan serta dalam menghindari polarisasi di masyarakat yang mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Umum ICMI Arif Satria

Ketua Umum ICMI Arif Satria

Menurutnya, dengan memelihara integritas akademik dan nilai-nilai kebangsaan yang luhur, diharapkan dapat berkontribusi secara positif terhadap pembangunan bangsa dan negara, terutama di bidang Agromaritim.

“Mari kita tunjukkan bahwa IPB adalah lembaga pendidikan yang selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Halaman Selanjutnya

3. Dalam setiap diskusi, sangat penting bagi kita untuk menjaga integritas akademik, dengan

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *