Jadi Juara Setelah 32 Tahun, Ini Kilas Balik Timnas Indonesia di SEA Games : Okezone Bola

BEBERAPA bulan lalu, Timnas Indonesia mengikuti ajang 2 tahun olahraga se-Asia Tenggara. Dilaksanakan di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Skuad Garuda Muda mencetak sejarah baru di sepak bola Indonesia dalam laga SEA Games 2023.

Bagaimana tidak, di stadion ini tim U-22 berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 pada Selasa (16/5/2023). Malam yang bersejarah itu menghantarkan sepak bola Indonesia meraih emas di SEA Games setelah penantian 32 tahun.



Tak banyak yang tahu, dalam catatan sejarah, Indonesia baru dua kali memperoleh medali emas pada laga sepak bola pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. Yakni, saat SEA Games Jakarta pada 1987 dan, saat SEA Games Filipina pada 1991.

Keberhasilan Skuad Garuda Muda ini tak lepas dari usaha pelatih Indra Sjafri. Selain itu, SEA Games Kamboja tahun ini menjadi penampilan kedelapan Tim Garuda di laga final.

Lantas, bagaimana kilas balik sejarah sepak bola Indonesia di SEA Games? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kilas Balik Timnas Indonesia di SEA Games

Jika dilihat dalam catatan sejarah, sepak bola sudah dipertandingkan sejak SEA Games perdana, pada 1959 di Bangkok, Thailand. Hanya saja Indonesia masih belum memperoleh medali di cabang olahraga ini hingga SEA Games ke-10 pada 1979.

Saat itu Indonesia yang baru menjadi tuan rumah mendapat medali perak setelah kalah melawan Malaysia dengan skor 0-1. Posisi SEA Games ke-11 pada 1981 pun tidak lebih baik sebab Skuad Garuda Muda harus puas dengan medali perunggu setelah kalah dari tim Singapura.

Terhitung enam tahun lamanya, atau selama tiga kali perhelatan SEA Games, Indonesia tak berhasil membawa pulang medali di cabang olahraga tersebut. Pencapaian tertinggi selama enam tahun itu yakni menjadi juara keempat pada SEA Games 1985 di Bangkok.

Baca Juga  IHSG Sulit Bangkit di Minggu Ini? Simak Analisanya di Sini : Okezone Economy

Setelah berjuang keras, akhirnya Indonesia come back stronger di SEA Game 1987 yang diadakan di Jakarta. Tak tanggung-tanggung, tim asuhan Bert Matulapelwa kala itu berhasil mendapat medali emas.


Follow Berita Okezone di Google News


Tim Indonesia pun menang dengan gol satu-satunya yang ditembakkan Ribut Waidi ke arah gawang Malaysia. Tercatat tiga SEA Games berturut-turut Indonesia berhasil memboyong medali di cabang olahraga sepakbola.

Timnas Indonesia U-22

Pada SEA Games 1989 di Kuala Lumpur, Indonesia harus pasrah dengan mendapat medali perunggu dengan menang adu penalti melawan Thailand. Emas kedua pun diperoleh pada SEA Games 1991, Manila, Filipina dengan skor 4-3 dari Thailand dalam tendangan adu penalti.

Sementara pada SEA Games 1997 di Jakarta, Indonesia mendapat medali perak lantaran kalah adu penalti dengan Thailand. Sementara itu, SEA Games 1999 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Skuad Garuda Muda harus puas dengan medali perunggu setelah kalah adu penalti dari Singapura.

Dari melihat catatan sejarah, tampaknya revolusi sepakbola Indonesia sudah dimulai. Kesuksesan Tim Nasional Indonesia ini dalam meraih medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja tidak terlepas dari peran semua lini sepak bola Indonesia terutama para asisten pelatih Indra Sjafri.

Penasaran dengan keseruannya? Kamu bisa dengerin di Live Podcast Special Brolahraga x Sepak Bule – Eps. Revolusi Sepakbola Indonesia Sudah dimulai hari ini Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB hanya di Audio+ ROOV RCTI+.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Baca Juga  H-2 Natal, Arus Kendaraan dari Tol Pejagan Hingga Kalikangkung Terpantau Ramai Lancar

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *