Ganjar Pranowo Rawat Kebudayaan, Relawan Gelar Pentas Seni Pelajar di Pati : Okezone News

PATI – Di bawah cahaya rembulan yang memancarkan keindahan malam, suasana desa yang damai dan sejuk meyertai sebuah pentas seni pelajar yang digelar di Desa Sukopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Minggu 13 Agustus 2023 malam.

Suara dan gerakan yang mengalir dari area pentas seni menjadi lentera yang mengarahkan pandangan, dan perasaan penonton dengan penuh semangat perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia.




Pagelaran seni yang memadukan semangat muda dengan warisan budaya ini diinisiasi oleh sukarelawan Pergerakan Generasi Alumni Muda dan Akademisi dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) atau dikenal Pena Mas Ganjar.

Koordinator Pusat Pena Mas Ganjar, Reza Abdurrakhman menuturkan bahwa para pelajar menampilkan berbagai bentuk seni seperti teater, drama, puisi, tarian, pantun hingga pencak silat. Pentas itu mengalir sebagai aliran kreativitas, mengurai pesan-pesan yang lekat dengan kearifan lokal.

“Jadi, ada nilai-nilai kebudayaan yang kita angkat. Sesuai dengan semangatnya Pak Ganjar Pranowo, kebudayaan itu penting,” kata Reza di lokasi.

Kegiatan itu diikuti para pelajar tingkat SMA dan SMK di Pati, serta bekerja sama dengan sanggar budaya.

Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Reza berharap melalui pentas seni ini semakin banyak pelajar yang terinspirasi untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia, serta mengaktualisasikan bakat seni mereka.

 BACA JUGA:

“Harapannya para pelajar bisa melestarikan budaya khususnya lokal,” imbuhnya.

Ketua Lesbumi Pucakwangi, Oim, mengungkapkan pentas seni pelajar yang dihelat Pena Mas Ganjar telah mengubah malam keheningan Desa Sukopuluhan menjadi panggung semarak.

Baca Juga  KSAL Muhammad Ali Lantik Laksma TNI Fauzi Jadi Danseskoal

 BACA JUGA:

Dia menyatakan akan terus mendukung program-program berbasis kebudayaan yang digelorakan oleh Pena Mas Ganjar.

“Acara ini sangat bagus, apalagi menyasar pelajar. Kami mendukung dan mengajak pelajar-pelajar untuk mengikuti acara ini,” ujarnya.

Selain pentas seni, kegiatan ini juga menyertakan acara santunan bagi lansia dan dhuafa. Hal itu merupakan implementasi nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan Ganjar dalam prinspisnya ‘Tuanku ya Rakyat’.

Acara pentas seni ini juga berhasil menciptakan suasana positif dan saling mendukung di antara pelajar dan masyarakat. Kolaborasi antara alumni perguruan tinggi dengan pelajar SMA dan SMK serta masyarakat ini membuktikan bahwa berbagai kalangan dapat bersatu untuk menciptakan pengalaman yang bermanfaat dan menginspirasi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *