Dokter Dapat Beasiswa LPDP ke Luar Negeri, Perawat Kapan? : Okezone Edukasi

Berita433 Dilihat

JAKARTA – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menggulirkan dana pendidikan beasiswa untuk dokter spesialis, subspesialis, dan program fellowship. Bicara tenaga medis, perawat merupakan profesi garda terdepan yang melayani pasien 24 jam. Lalu, kapan giliran perawat mendapatkan beasiswa LPDP untuk meningkatkan kapasitas?

Kepala Divisi Kerja Sama dan Pengembangan Beasiswa LPDP Agam Bayu Suryanto dalam penandatanganan kerja sama Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Roche, Jumat (11/8/2023) mengatakan sejauh ini perawat belum masuk dalam skema beasiswa tersebut. Akan tetapi, kata dia, niat atau komitmen tetap ada untuk meningkatkan skill para perawat.

 BACA JUGA:

“Perawat belum masuk dalam skema ini. Komitmen ada,” ujarnya.

Dia menegaskan soal waktunya kapan, semua hanya tinggal menunggu payung hukum dari Kementerian Kesehatan. “Tinggal tunggu payung saja. Ada perjanjian kerja sama dengan LPDP,” ucapnya.

Berdasarkan data WHO (2018), rasio tenaga perawat di Indonesia hanya 2,4 per 1.000 penduduk. Jumlah ini masih jauh di bawah rata-rata global (3,7 per 1.000 penduduk) dan di bawah standar minimum WHO (4 per 1.000 penduduk).

 BACA JUGA:

Rasio ini belum optimal untuk meningkatkan pelayanan kanker. Ditambah lagi, kondisi perawat di Indonesia saat ini juga masih mengandalkan on-the-job training dalam melakukan pekerjaannya, dan frekuensi pemindahan unit kerja dari unit onkologi relatif tinggi. Hal ini berimbas pada terbatasnya masa pengalaman perawat

di unit onkologi, tingginya tingkat kelelahan perawat, yang pada akhirnya berkontribusi pada rendahnya kualitas perawatan pasien dan hasil yang kurang optimal dalam perawatan kanker.

Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) Agus Setiawan mengatakan percepatan penyediaan tenaga perawat spesialis onkologi sebagai mitra strategis dokter sangatlah penting. Menurutnya, program studi perawat spesialis onkologi di UI merupakan yang pertama dan untuk saat ini, masih satu-satunya di Indonesia.

Baca Juga  Once Mekel Beri Dukungan untuk Iluni UI Buka Ruang Politik Sehat

”Kehadiran program studi spesialis keperawatan onkologi di FKKMK UGM akan dapat mencetak lebih banyak tenaga spesialis perawat onkologi yang berkualitas”, ucapnya.

Hingga saat ini, sebanyak 56 perawat yang berasal dari rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta dan dosen sedang menempuh program pasca sarjana spesialis onkologi di FIK UI.


Follow Berita Okezone di Google News


(mar)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *