Armada Laut Indonesia Jadi Ke-4 Terkuat di Dunia, Singkirkan Jepang dan Korea Selatan

Sabtu, 6 Januari 2024 – 04:04 WIB

Jakarta – Masyarakat Indonesia patut berbangga dengan berbagai pencapaian militer. Sebab, menurut World Directory of Modern Military Warships terbaru yang diterbitkan pada 21 Juli 2023 kemarin, Angkatan Laut Indonesia berhasil masuk ke dalam urutan nomor 4 terkuat di dunia. 

Baca Juga :

Terpopuler: Tabrakan Maut Kereta di Cicalengka, Anies Baswedan Dapat Lonjakan Dukungan

Angkatan Laut Tanah Air bahkan berhasil mengungguli Jepang dan Korea Selatan yang selama ini dikenal dengan alutsista modern dan sangat canggih. Dalam laporan ini, World Directory of Modern Military Warships melihat jumlah kapal perang yang dimiliki oleh Indonesia. 

Sampai saat ini, RI diketahui memiliki 243 unit kapal perang kualitas wahid. Sebab negara maritim dan garis pantai yang sangat panjang, Indonesia memang lebih fokus terhadap kapal perang karena berbagai masalah kerap terjadi di wilayah perairan Indonesia. 

Baca Juga :

Ratusan Motor Curian Ditemukan di Markas Gudbalkir Pusziad, 1 Prajurit TNI Diamankan

Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat, 28 Januari 2022.

Namun siapa yang sangka, fokus Indonesia dalam memperbanyak kapal perang ini justru membuat AL Indonesia melesat ke peringkat 4 dunia. Meski begitu, situs tersebut mengatakan bahwa penilaian ini bukan hanya menurut kepemilikan kapal perang, tapi kualitas secara umum. 

Baca Juga :

Viral, Pasukan TNI Tersulut Emosi Pukuli Pengantar Jenazah Arogan Pakai Knalpot Brong

“Suatu kekuatan tidak hanya dinilai dari jumlah total kapal perang dan kapal selamnya, tetapi lebih dari kualitas dan campuran inventaris secara umum. Di luar ini adalah fokus pada kemampuan galangan kapal lokal, keseimbangan inventaris (campuran umum tipe unit), dan pengalaman angkatan laut,” kata WDMMW.

Baca Juga  Kisah Pahlawan Revolusi yang Dibuang ke Lubang Buaya, Penggali Kubur Mencari hingga Meninggal karena Stres : Okezone Nasional

Aspek lain yang dinilai dalam menentukan Angkatan Laut terkuat di dunia ini berdasarkan jumlah alat tempur keseluruhan yang dimiliki. Selain itu, ada pula dukungan logistik, kemampuan serangan, kemampuan pertahanan, dan lain sebagainya. 

Kunjungan Kapal Perang Pasukan Bela Diri Jepang ke Indonesia

Kunjungan Kapal Perang Pasukan Bela Diri Jepang ke Indonesia

Di sisi lain, Angkatan Laut AS saat ini memegang posisi terkuat dan menyamai Indonesia dalam jumlah unit angkatan laut. AS memiliki campuran unit perang angkatan laut yang lebih beragam, tak seperti RI yang sebagian besar terdiri atas kapal patroli lepas pantai. 

Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL) mempunyai unit armada sebanyak 209 unit, empat kapal selam, dan 30 unit dalam armada serbu amfibi. Meski demikian, TNI AL juga dikabarkan memesan 11 unit baru yaitu tiga kapal selam dari Korea Selatan, dua lambung perang ranjau dari Jerman, empat OPV dan dua kapal rudal dari Polandia.

Halaman Selanjutnya

Source : VIVAnews/Fernando Randy

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *