Ada Kabar Gembira untuk Pasien Kanker Payudara HER2 Low

Kamis, 11 Januari 2024 – 17:44 WIB

VIVA Lifestyle – Pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara lengkap, akan mengetahui status Human Epidermal growth factor Receptor 2 (HER2) mereka. HER2 adalah sesuatu yang dimiliki setiap orang, yang memberi tahu sel kapan harus tumbuh dan kapan harus berhenti tumbuh.

Baca Juga :

Mpok Atiek Kena Tumor Jinak di Usus: Awalnya Cuma Perut Sakit, BAB Susah

Ketika berbicara tentang kanker, terlalu banyak HER2 dapat membuat pertumbuhan sel tidak terkontrol, sehingga menyebabkan penyakit yang lebih agresif. Namun, bagaimana jika terjadi sebaliknya? Scroll untuk mengetahui jawabannya.

Rachel Layman, M.D., Ahli dari Universitas Texas dalam kanker payudara dengan HER2 Low, menunjukkan molekul obat baru yang belum lama ini disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) sebagai pengobatan pertama yang menargetkan HER2 Low.

Baca Juga :

Mpok Atiek Idap Tumor Jinak di Usus, Ngeluh Tiap Hari Terasa Sakit

Rachel menjelaskan dalam sebuah artikel di situs Universitas Texas, apa artinya memiliki kanker payudara dengan tingkat HER2 Low dan bagaimana membuat diagnosis yang lebih tepat dapat mengarah pada pengobatan yang lebih efektif bagi pasien.

Baca Juga :

Kemenkes Laporkan 3 Kasus Polio di Jawa Tengah dan Jawa Timur

“Setelah diagnosis kanker payudara awal, jaringan dari tumor akan dikirim untuk pengujian khusus yang disebut uji imunohistokimia (IHK). Uji ini akan menunjukkan seberapa banyak HER2 berada di permukaan sel kanker,” ujar Rachel dalam keterangannya, dikutip Kamis 11 Januari 2024. 

“Jika skor IHK tiga, tumor itu HER2 positif. Selama bertahun-tahun, skor kurang dari tiga dianggap HER2 negatif. Sekarang, berkat pengujian yang lebih rinci, ada nama untuk Tingkat HER2 antara 1 dan 2 yakni HER2 Low. Skor nol disebut HER2 negatif,” sambungnya.

Baca Juga  Bikin Lawannya Ketar-ketir, Lionel Messi Disebut Mirip Legenda NFL Tom Brady : Okezone Bola

Jika skor IHK adalah 2, maka diperlukan pengujian fluoresensi in situ hibridisasi (FISH) untuk menentukan apakah HER2 positif atau negatif. Teknik patologi ini untuk melihat gen yang mengkode HER2 dan melihat berapa banyak salinan yang ada.

“Jika hasil uji FISH positif, maka HER2 positif. Jika FISH negatif, maka HER2 Low. Setelah klasifikasi selesai, tim medis Anda dapat merekomendasikan rencana pengobatan paling tepat untuk Anda,” jelasnya.

Pengobatan untuk kanker payudara HER2 Low
Menurut Rachel, untuk pasien dengan penyakit yang baru didiagnosis dan belum menyebar, pengobatan standar adalah kemoterapi, terapi endokrin, atau imunoterapi. 

“Hingga saat ini, tidak ada pilihan pengobatan khusus untuk pasien metastatik dengan kanker payudara HER2 Low. Sebaliknya, mereka akan menerima opsi pengobatan standar tergantung pada prognosis kanker payudara mereka,” katanya.

“Namun, dalam uji klinis yang disebut DESTINY-Breast 04 dimuat oleh ASCO Pubs, terbukti lebih berhasil dari yang diharapkan. Sekarang kita memiliki cara baru untuk menargetkan HER2 Low, dan pasien memiliki pilihan dalam pengobatan kanker payudara mereka,” tambahnya.

Saran apa yang dapat diberikan untuk pasien kanker payudara HER2 Low?
Sebelum HER2 Low, kanker payudara diberi label HER2 positif atau HER2 negatif. Tetapi sekarang, 50-60 persen dari diagnosis kanker payudara bisa diklasifikasikan sebagai HER2 Low. Dengan adanya terapi target baru ini, penting bagi pasien untuk mencari pusat perawatan yang dapat melakukan pengujian yang tepat.

“Jika pasien memiliki kanker payudara HER2 negatif dengan kondisi metastatik atau mengalami kekambuhan, pasien harus menanyakan kepada dokter untuk verifikasi status HER2 pada pasien tersebut,” pungkas Rachel Layman.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *