7 Tanaman Ini Disebut di Al-Quran, Ternyata Bisa Bawa Energi Positif

Jakarta – Tak banyak orang yang tahu bahwa beberapa tanaman yang memiliki keistimewaan dapat membawa manfaat energi positif bagi manusia. Bahkan hal itu juga disebutkan dalam kitab suci Al-Quran.

Baca Juga :

Tersentuh Isi Alquran Soal Fakta Sains Ajaib, Ilmuwan Populer Meninggal Sebagai Muslim

Ada tujuh tanaman yang disebutkan dalam Al-Quran tersebut. Bahkan tanaman-tanaman tersebut menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Namun sebagian tanaman tersebut juga bisa ditanam di sekitar rumah dan membawa energi positif. Berikut adalah beberapa tanaman dalam Al-Quran yang dapat Anda simpan untuk disimpan di area rumah:

Baca Juga :

Peran Ayah dalam Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Alquran dan Hadis

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaat. Saat ini, sudah banyak ditemukan lidah buaya dalam produk-produk kosmetik, perawatan rambut, pasta gigi, sampai obat kumur.

Baca Juga :

Bea Cukai Bandung Siap Lejitkan Potensi Tiga UMKM Bandung

Dilansir dari The National News, Jumat, 22 September 2023, tanaman yang satu ini juga termasuk salah satu tanaman yang ada di dalam Alquran. Tanaman ini dipercaya sangat baik untuk ditambahkan ke rutinitas perawatan kulit dan rambut. Selain itu, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk meningkatkan pencernaan.

2. Kaktus

Kaktus adalah tanaman berduri yang juga tercantum dalam Alquran. Tanaman ini bermanfaat sebagai pengusir jin atau setan. Bukan hanya itu saja, tanaman kaktus juga bisa menyerap dan menangkal energi negatif yang ada di sekitarnya.

Buah kurma juga termasuk buah yang disebut dalam Alquran. Kurma identik dengan bulan Ramadan karena disajikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Buah kurma disebutkan beberapa kali dalam Al-Quran seperti dalam surat Al-An’am ayat 99, Ar-Rad ayat 4, An-Nahl ayat 67, dan Maryam ayat 25.

“Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik.

Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti,” firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 67.

Kurma mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Buah kurma muda juga baik dikonsumsi perempuan karena mengandung vitamin B yang dapat memperkuat persendian rahim.

4. Pohon Pisang

Pohon pisang juga termasuk salah satu tanaman yang tercantum dalam Alquran, berikut adalah firman Allah SWT yang menyebutkan pohon tersebut:

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (Surat Al Waqiah ayat 29).

Pohon pisang.

Pohon pisang.

Photo :

  • Pixabay/ Tomasz_Mikolajczyk

Pohon pisang atau yang memiliki nama latin Musa paradisiaca menghasilkan buah pisang yang dianggap sebagai pohon surga. Buah yang satu ini juga dikenal sebagai makanan filsuf karena saat dikonsumsi, pisang dapat mengaktifkan kembali pikiran dan merangsang memori seseorang.

Tak hanya itu saja, pisang juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk membantu Bunda menjaga keseimbangan tubuh. Manfaatkan kesehatan dari pisang antara lain dapat menurunkan berat badan dan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

5. Pohon Anggur

Pohon anggur juga disebutkan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Isra ayat 91, yang berbunyi, “Atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan celah-celahnya sungai yang deras alirannya.”

Pohon anggur atau Vitis vinifera merupakan jenis tanaman hias yang tumbuh dengan cara merambat. Tanaman yang satu ini memiliki buah anggur yang sangat segar dan nikmat saat dicicipi. Buah anggur diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan, mendorong produksi darah serta dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Daun Bidara

Daun bidara termasuk salah satu tanaman yang tercantum dalam Alquran. Tanaman ini sangat ditakuti oleh jin dan setan, Bunda. Tidak hanya itu, daun bidara juga dipercaya memiliki hubungan yang kuat dengan perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga  Tabrakan Maut di KM 58 Tol Cikampek, Libatkan Gran Max, Terios, dan Bus

“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).” (Surat Al-Waqi’ah ayat 27-29)

Sementara itu, Imam Al Qurtubi dari Wahab mengatakan bahwa ambilah 7 helai daun bidara. Lalu, tumbuh halus dan campurkan dengan air. Kemudian, bacakan ayat kursi dan diminum kepada orang yang terkena sihir roh jahat, teguk 3 kali.

Setelah itu, sisa airnya digunakan untuk mandi. Selain itu, untuk mendapatkan manfaat tanaman ini secara maksimal, Bunda juga dianjurkan untuk membaca Al-Falaq, An-Nas, serta ayat kursi karena ayat tersebut bisa mengusir setan.

Pohon zaitun merupakan salah satu tanaman yang tercatat di dalam Alquran. Tanaman yang satu ini diyakini memiliki sejumlah manfaat yang berguna untuk melindungi Anda dan keluarga karena pohon zaitun ditakuti oleh jin.

Ilustrasi minyak zaitun

Sebagaimana Allah SWT berfirman, “Demi buah tin dan buah zaitun. Dan demi bukit sinai dan negeri yang aman ini. sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” (Surat At-Tin ayat 1-3)

Sementara itu, minyak zaitun adalah minyak yang keluar dari tanaman zaitun karena Nabi Muhammad SAW bersabda.

“Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad & Tirmidzi).

Halaman Selanjutnya

2. Kaktus

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *