5 Komentar Kontroversial Thomas Doll yang Sering Kritik Shin Tae-yong, Nomor 1 Bikin Pelatih Timnas Indonesia Jengkel! : Okezone Bola

SEBANYAK 5 komentar kontroversial Thomas Doll yang sering kritik Shin Tae-yong akan dibahas Okezone dalam artikel ini. Dari kelima komentar juru taktik Persija Jakarta itu, salah satu di antaranya bisa bikin pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, jengkel!

Thomas Doll resmi menjadi pelatih Persija Jakarta sejak April 2022. Sejak itu, ahli strategi asal Jerman tersebut kerap blak-blakan dan tak suka basa-basi ketika ada hal yang tak sejalan dengan dirinya hingga berani mengkritik Shin Tae-yong.



Sejauh ini, sedikitnya sudah ada 5 komentar kontroversial Thomas Doll yang sering mengkritik Shin Tae-yong itu. Lantas, apa sajakah komentar yang dimaksud?

Berikut 5 Komentar Kontroversial Thomas Doll yang Sering Kritik Shin Tae-yong:

5. Sebut Lapangan Latihan Piala Presiden 2022 Mirip Kandang Sapi


Thomas Doll pernah menyebut lapangan latihan yang didapat Persija Jakarta di Piala Presiden 2022 seperti kandang sapi. Saat itu, Macan Kemayoran mendapat jatah berlatih di Stadion Palaran, Samarinda, stadion yang pernah digunakan untuk PON 2012.

“Di Jerman, dengan kondisi lapangan seperti tadi, kami gunakan untuk menggembala sapi, bukan untuk para pemain sepakbola. Apalagi, saya sangat kecewa karena perjalanan ke lapangan ditempuh dengan 30 menit lebih, jadi kami habiskan 1 jam di bus bolak-balik,” tukas Thomas Doll saat itu.

4. Sebut Momen Pakai Tank di Derby Persib Bandung vs Persija Jakarta Memalukan

Thomas Doll

Thomas Doll menyebut momen timnya pakai tank rantis barracuda di derby Persib Bandung vs Persija Jakarta memalukan. Laga tersebut digelar pada 11 Januari 2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berakhir dengan kemenangan Persib Bandung 1-0.

“Saya juga pernah bermain di sejumlah laga derbi, seperti di Roma, Dortmund, Schalke, dan tempat lain di Eropa. Namun, saya tidak pernah datang memakai tank ke stadion. Ini sudah tahun 2022. Hal itu memalukan,” kata Thomas Doll waktu itu.

Baca Juga  Berkat Treble Winner, Pendapatan Manchester City Nyaris Rp14 Triliun


Follow Berita Okezone di Google News


3. Sebut Shin Tae-yong sebagai Bintang Iklan, Bukan Seorang Pelatih

Shin Tae-yong saat menjadi bintang iklan

Thomas Doll juga pernah mengatakan Shin Tae-yong sebagai bintang iklan, tidak seperti seorang pelatih sepakbola. Ia menilai seharusnya Shin Tae-yong lebih fokus melatih Timnas Indonesia daripada lebih banyak menghabiskan waktu luangnya untuk membintangi iklan.

“Karena saya lihat dia (Shin Tae-yong) menjadi bintang iklan di televisi, dia tidak seperti seorang pelatih sepakbola. Saya tidak mengerti apakah itu iklan spageti atau makanan lainnya di iklan televisi,” kata Thomas Doll pada Februari 2023.

2. Akui Sangat Kecewa terhadap Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Thomas Doll mengaku sangat kecewa lantaran Shin Tae-yong tidak hadir dalam rapat diskusi PSSI dan Persija Jakarta soal pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-20 pada Februari 2023. Ia kecewa karena Timnas Indonesia U-20 hanya diwakili Nova Arianto selaku asisten pelatih, bukan Shin Tae-yong.

“Kami melakukan panggilan video pekan lalu, semua staf kepelatihan saya ada di sana, tapi dari timnas hanya dari asisten pelatih (Nova Arianto), kami melakukan pembicaraan yang baik, dia orang yang profesional,” kata Thomas Doll pada Februari 2023.

“Tetapi, saya sangat-sangat kecewa dengan pelatih timnas. Dia tidak ada untuk melakukan komunikasi di pukul 01.00 siang pada jam makan siang, di hari kerja, di mana tidak ada latihan di waktu itu. Dia seharusnya bisa ada di sana,” tambahnya.

1. Sebut Pemanggilan Pemain ke Timnas Indonesia sebagai Omong Kosong

Rizky Ridho

Diketahui, dua pemain Persija Jakarta, yakni Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho, masuk daftar 23 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-23 jelang Piala AFF U-23 2023. Sebelumnya, ada lima pemain Persija yang bahkan masuk daftar pemanggilan tersebut.

Baca Juga  Siap Tambah Alokasi Pupuk Subsidi, Pupuk Indonesia Tunggu Perhitungan Pemerintah

Akan tetapi, PSSI merevisi daftar tersebut sehingga sebanyak tiga pemain Persija Jakarta tidak jadi dipanggil. Thomas Doll pun mempersoalkan pemanggilan tersebut. Bahkan, ia menyebut pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia sebagai omong kosong yang tentu bisa membuat Shin Tae-yong jengkel.

“Ya. sebelumnya 5 pemain, kemudian dua, dan sekarang satu. Yang terbaik adalah semuanya tetap di sini karena saya sedang di tengah musim, saya pelatih Persija, kami sedang berada di liga, kami juga punya target,” kata Thomas Doll kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Rabu 9 Agustus 2023.

“Hal ini hanya terjadi di sini, kami juga mengalami hal ini musim lalu dan dalam banyak waktu. Ketika bubble di Yogyakarta, enam pemain timnas kami tidak ada di sana, saya tidak ingin berbicara lebih banyak soal omong kosong ini,” pungkasnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *